Ekonomi Indonesia Sudah Sampai Titik Terendah

Tubuh pusat statistik (bps) menulis perkembangan perekonomian indonesia pada kuartal iii-2020 terkontraksi minus 3.49 %. Perolehan itu lebih bagus bila dibanding status pada kuartal ii-2020 yang terdaftar minus 5.32 %.

Menteri koordinator sektor ekonomi airlangga hartarto memandang perkembangan ekonomi di kuartal iii itu sudah memperlihatkan ada pembaruan walau masih terkontraksi. Hingga ia percaya diri proses perbaikan perekonomian nasional sudah ada di lajur yang betul. “ekonomi kita telah tiba dalam titik paling rendah atau dalam rock bottom. Dalam triwulan ke-3 tempo hari kita terkontraksi sejumlah 3.49 % ini lebih bagus dari triwulan ke-2 sebesar minus 5.32 %.” tutur airlangga pada acara peluncuran “indonesia fintech society (ifsoc)”. Senin (9/11).

Airlangga mengutarakan. Secara tahun ke tahun benar-benar perkembangan ekonomi nasional masih minus. Tetapi. Jika disaksikan secara kuartalan karena itu nampak jika ekonomi nasional mulai sembuh.

“jika dari kuartal ii ke iii ada peningkatan 5 %. Karena itu ini telah masuk lajur positif hingga di kuartal iv dapat positif.” tuturnya.

Juga. Tambah airlangga. Tingkat kesembuhan pasien covid-19 di indonesia sekarang telah lebih dari 84 %. “ini lebih bagus daripada rerata kesembuhan dunia yang capai 81.9 %.” terangnya.

Oleh karenanya. Di kuartal iv tahun ini pemerintahan semakin lebih jor-joran dalam implikasi bermacam program akselerasi perbaikan perekonomian nasional.

“salah satunya. Menjaga tingkat konsumsi pemerintahan. Sampai mengoptimalkan realisasi dana investasi lebih dari rp205 triliun.” tutupnya. Ekonom chatib basri memprediksi perekonomian indonesia akan sembuh awal tahun 2022 bila masalah wabah covid-19 bisa ditangani. “sesudah wabah dapat ditangani. Rutinitas mulai ke arah ke normal. Baru kita berbicara step pemulihan. Saat ini itu survival.” kata chatib basri seeorti diambil dari di antara. Senin (9/11/2020).

Chatib basri menyebutkan sekarang ini periode bertahan atau survival dari imbas wabah virus corona. Walau perkembangan ekonomi mulai memperlihatkan pembaruan dari kuartal ii yang capai kontraksi 5.32 % jadi kontraksi 3.49 % pada kuartal iii-2020.

Ingat sekarang ini dipandang selaku periode bertahan. Lanjut ia. Aktor usaha belum lakukan pengembangan usaha sebab masihlah ada limitasi ekonomi.

“misalkan restaurant. Orang cuman bisa 50 %. Buat apa pengembangan restaurant baru bila di lokasi yang ada-ada saja tidak dapat penuh sebab masih limitasi.” kata menteri keuangan masa 2013-2014 itu.

Chatib basri menambah saat ekonomi mulai sembuh serta kembali normal tahun 2022. Diprediksi investasi swasta akan bertambah.

“bila vaksin perlu waktu 2021. Saya tidak percaya investasi swasta naik tajam 2021 sebab prosedur masih in place karenanya proses recovery di mana investasi naik itu masa sesudah keadaan ekonomi mulai normal.” tambah bekas kepala tubuh pengaturan penanaman modal (bkpm) 2012-2013.

Presiden jokowi minta menteri koordinator sektor kemaritiman serta investasi luhut binsar panjaitan jaga perkembangan investasi supaya tidak minus di atas 5 %. Ini untuk mengangkat perkembangan perekonomian indonesia di kuartal iii 2020.

 

error: Content is protected !!