Cek Rekening Anda, Subsidi Gaji BLT Sudah Cair

Menteri ketenagakerjaan. Ida fauziyah. Pastikan pembayaran term ii kontribusi bantuan upah/gaji (bsu) mulai dicairkan ini hari. Senin (9/11/2020). Term ii ini adalah pendistribusian bsu untuk masa bulan november-desember untuk beberapa yang menerima bsu term i. Jumlah dana yang dikasih ke karyawan/pekerja yang menerima masih sama sebesar rp1.2 juta (rp 600 ribu per bulan).

Proses pencairan masih mengikut ketentuan menteri ketenagakerjaan ri nomor 14 tahun 2020 mengenai dasar pemberian kontribusi pemerintahan berbentuk bantuan upah/gaji untuk karyawan/pekerja dalam perlakuan imbas corona virus disease 2019 (covid-19) serta dipisah per step (batch). “kita yakinkan term ii bsu telah cair ini hari. Tadi siang saya bisa laporan jika data yang menerima bsu step 1 sekitar 2.180.382 orang telah diolah ke kppn.” kata ida di jakarta. Senin (9/11/2020).

Seterusnya bsu akan ditransfer ke bank penyalur serta dicairkan ke semasing rekening yang menerima baik rekening himbara atau non-himbara sama dengan proses term pertama.

Ida menjelaskan faksinya lagi berusaha percepat proses pendistribusian kontribusi bantuan upah untuk beberapa karyawan/pekerja di term ii ini.

“kami usahakan dalam 1 minggu dapat diolah 2 step (batch) langsung. Hingga bisa selekasnya diterima rekan-rekan karyawan/pekerja untuk menolong daya membeli serta konsumsi warga.” ucapnya.

Selanjutnya. Ida menjelaskan proses pendistribusian bsu term ii sedikit berlainan dari mulanya. Masalahnya atas referensi dari kpk pada pendistribusian bsu. Perlu dikerjakan pemadanan data dengan data harus pajak. Proses pemadanan data itu adalah sisi dari penilaian pendistribusian bsu supaya pas target. “kami mendapatkan referensi dari kpk jika dibutuhkan ada pemadanan data yang menerima bsu dengan data pajak yang berada di direktorat jenderal pajak (djp).” katanya.

Oleh karenanya. Sesudah pembayaran term i usai seputar dua pekan kemarin. Kemnaker bersama bpjs ketenagakerjaan sama-sama bekerjasama dengan djp untuk lakukan pemadanan data.

“alhamdulillah hasil nya telah kami terima hari jumat lalu serta bisa kami buat jadi landasan untuk proses pembayaran term ii ini hari.” ucapnya.

Dianya pastikan untuk karyawan/pekerja yang menerima bantuan upah yang telah penuhi ketentuan. Karena itu pencairan term ke-2 bsu tetap diteruskan sama mekanisme.

Seperti dijumpai. Kontribusi bantuan gaji diteruskan ke beberapa karyawan atau pekerja yang berpenghasilan kurang dari rp5 juta per bulan. Tunjangan pemerintah berbentuk bantuan upah/gaji sebesar rp600.000 diteruskan sepanjang empat bulan atau keseluruhan rp2.4 juta.

Kontribusi ini diteruskan secara setahap yaitu term i sebesar rp1.2 juta pada september-oktober 2020 serta term ii sejumlah rp 1.2 juta pada november-desember 2020.

Pemerintahan awalnya sudah kabarkan gagasan pemberian bantuan upah sejumlah rp 2.4 juta pada pegawai swasta yang terdaftar aktif di bpjs ketenagakerjaan.

 

error: Content is protected !!